Profil Kepala Daerah

Profil Kepala Daerah

Kepala Daerah Kabupaten Konawe

 

CALL CENTER


 

Agenda

Selayang Pandang - Sejarah

Sejarah Konawe

Kabupaten DATI II Kendari. Secara de jure dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Tingkat II di Sulawesi pada Tanggal 4 Juli 1959 yang dimuat dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1959 Nomor 74 Tambahan Lembaran Negara Nomor 1822. Sedangka secara de facto realisasi masa pemerintahnnya adalah sejak dilantik dan pengambilan sumpah oleh Drs. Abdullah Silondae sebagai Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kendari yang pertama tanggal 3 Maret 1960.

Terbentuknya Kabupaten Kendari (Konawe) terdiri 12 kecamatan diantaranya: Kecamatan Kendari, Sampara, Wawotobi, Lambuya, Ranomeeto, Moramo, Unaaha, Asera, Lainea, Wawonii, Lasolo dan Tinanggea.

Perkembangan kepemerintahan Kabupaten Dati II Kendari sejak tanggal 3 Maret 1960 sampai dengan tanggal 28 September 1982 Ibukota Kabupaten Dati II Kendari berkedudukan di Kendari. Pada masa kepemerintahan H. Andry Jufri, SH. Sebagai Bupati KDH Tingkat II Kendari yang ke – 4, Ibukota Dati II Kendari dipindahkan dari wilayah Kota Administratif Kendari ke wilayah Kecamatan Unaaha. Wilayah Kabupaten Dari II Kendari yang selanjutnya disebut dengan nama Kota Unaaha pada tanggal 28 September 2004 dan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2004 tentang Perubahan Nama Kabupaten Kendari Menjadi Kabupaten Konawe.